Doa Bersama Menyambut Tahun Penciptaan 2020

1
1052

Allah Pencipta Kehidupan,

Melalui Sabda-Mu, Bumi menumbuhkan berbagai macam tanaman berbiji dan pohon-pohon dengan aneka buah-buahan. Aliran sungai, gunung-gemunung, lautan luas dan bentangan hutan menopang kehidupan di Bumi.

Seluruh ciptaan memandang ke arah-Mu berharap berbagai kebutuham mereka terpuaskan. Sepanjang sejarah, Bumi telah mendukung hidup segenap ciptaan di dalamnya. Melalui perputaran waktu dan musim, pembaharuan dan perkembangan, Engkau membuka tangan-Mu guna memberi makan seluruh makhluk pada waktunya.

Dalam kebijaksaan-Mu, Engkau menganugerahkan hari Sabat, waktu khusus untuk beristirahat seraya bersyukur untuk semua yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Waktu tepat bagi kami untuk membebaskan diri dari pola konsumsi yang ganas.  Momen bagi tanah dan segenap ciptaan beristirahat dari beban kegiatan produksi yang dilakukan manusia.

Namun, pada saat ini, kami telah memperlakukan Bumi melampaui batas-batasnya. Hasrat kami akan pertumbuhan, dan lingkaran produksi dan konsumsi tanpa henti telah membuat Bumi menjadi letih. Hutan menjadi gundul, permukaan tanah mengalami erosi, lahan pertanian tidak lagi bisa ditanami, padang gurun bertambah luas, air laut kian menjadi asam, badai makin sering terjadi. Kami telah menjauhkan tanah dari hari Sabatnya dan Bumi sedang berjuang memulihkan dirinya.

Selama Masa Penciptaan ini, kami mohon kepada-Mu, anugerahkanlah ke atas kami keberanian untuk memberi Bumi waktu Sabat, momen untuk memulihkan dirinya. Kuatkanlah kami dengan keyakinan akan penyelenggaraan-Mu atas hidup kami. Ilhamkanlah kepada kami berbagai macam kreativitas untuk saling berbagi satu sama lain berbagai rahmat yang telah kami terima daripada-Mu. Ajarlah kami agar dalam ketercukupan kami terpuaskan. Sebagaimana Masa Penciptaan tahun ini mengambil tema “Tahun Rahmat Bagi Bumi” anugerahkanlah Roh-Kudus-Mu untuk membaharui segenap ciptaan.

Kami panjatkan doa ini dalam nama Yesus Kristus yang telah mewartakan Kabar Gembira kepada segenap makhluk ciptaan. Amin.

Klik disini untuk mengunduh teks ibadat pembukaan masa penciptaan 2020

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here