Baca Juga:
Rekoleksi di Carita; Staff JPIC OFM Timba Semangat Baru

Jakarta,  Staf Justice, Peace, and Integrity of Creation   Ordo Fratrum Minorum Provinsi St. Mikael Malaikat KLIK UNTUK LANJUT MEMBACA

Masa Penciptaan Pekan Keempat: Doa Bersama Ciptaan di Sungai

Minggu keempat Masa Penciptaan dikhususkan untuk berdoa bersama ciptaan yang hidup di dalam sungai, baik hewan maupun berbagai macan tumbuhan. Sejarah menunjukkan bahwa peradaban-peradaban besar sejak dahulu kala dibangun di pinggir sungai. Bukan hanya ikan atau biota laut, manusia pun menggantungkan hidupnya dari sungai. Paus Fransiskus dalam Laudato Si’ mengungkapkan dengan jelas peranan sungai di berbagai tempat di dunia sebagai sumber penghidupan bagi banyak makhluk, baik makhluk yang hidup di dalam air maupun mahkluk yang hidup di daratan dan udara (LS no. 40). Namun, aktivitas manusia yang seolah tanpa batas telah menyebabkan kerusakan masif di berbagai aliran sungai di banyak tempat di dunia. “Sumber air bawah tanah di banyak tempat terancam oleh polusi akibat kegiatan pertambangan, pertanian, dan industri tertentu, terutama di negara-negara tanpa peraturan atau pengawasan yang memadai. Hal ini tidak hanya disebabkan limbah industri. Banyak bahan pembersih dan produk kimia, yang masih lazim digunakan penduduk di banyak tempat di dunia, terus mengalir ke sungai, danau dan laut” (LS no. 29).

Berdoa bersama ciptaan di sungai menjadi wujud bela rasa terhadap penderitaan Ibu Bumi. Selain itu, juga menjadi bentuk pertobatan ekologis, memperbaiki hubungan dengan Allah dan alam ciptaan. Banyak upaya pemulihan ekosistem sungai dan hutan yang telah berhasil dilakukan di berbagai tempat. Mari bergabung dalam gerakan positif itu, demi Ibu Bumi dan generasi masa depan yang lebih baik.

 

Pekan Keempat: Doa Bersama Ciptaan di Sungai

Ya, Allah Bapa Pencipta dan asal mula segala sesuatu, bersama seluruh ciptaan kami memuji kebesaran-Mu. Teristimewa kami merayakan kehadiran-Mu yang mengagumkan di antara ciptaan yang hidup di berbagai aliran air dan sungai di muka bumi ini. Melalui air, kehidupan segenap makhluk Kau pelihara dan segarkan. Namun, akibat dosa kami, kini aliran-aliran sungai mengalami kerusakan dan pencemaran sehingga membahayakan hidup segenap makhluk yang tinggal di dalamnya.  Segenap ciptaan yang menggantungkan hidupnya pada sungai mengalami penderitaan. Semakin banyak orang kesulitan mendapatkan akses terhadap air bersih. Kami mohon, utuslah Roh Kudus-Mu ke atas kami agar mampu berbela rasa terhadap segenap ciptaan yang menderita akibat polusi air. Semoga kami semakin menyadari bahwa akses terhadap air bersih merupakan hak sekalian makhluk. Doa ini kami sampaikan dengan perantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, yang mendamaikan dan membaharui seluruh ciptaan. Amin.

Baca Juga:
Rekoleksi di Carita; Staff JPIC OFM Timba Semangat Baru

Jakarta,  Staf Justice, Peace, and Integrity of Creation   Ordo Fratrum Minorum Provinsi St. Mikael Malaikat KLIK UNTUK LANJUT MEMBACA

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here