Allah Pencipta langit dan bumi serta segala sesuatu yang ada di dalamnya, Engkau menciptakan kami berdasarkan citra-Mu dan memberikan tugas serta tanggung jawab kepada kami untuk menjadi pelayan bagi sesama dan ciptaan lainnya.

Engkau menganugerahkan kepada kami matahari, air, dan tanah yang yang memungkinkan kami hidup sampai saat ini.

Bukalah akal budi kami dan sentuhlah hati kami, supaya kami dapat menaruh perhatian penuh terhadap anugerah yang Engkau berikan. Agar kami sadar bahwa segala sesuatu yang Engkau berikan bukan hanya milik kami, tetapi juga diperuntukkan bagi ciptaan lainnya dan generasi mendatang. Sehingga kami sungguh-sungguh mampu mengejawantahkan tanggung jawab melestarikan anugerah-Mu.

Semoga kami bisa berbagi makanan dan sumber daya bagi orang-orang yang membutuhkan.

Hadir di tengah orang-orang yang berhadapan dengan situasi dan kondisi sulit, yaitu mereka yang miskin dan ditinggalkan.

Ubahlah rasa takut dan terisolasi di dalam diri kami, supaya kami tidak kehilangan harapan, senantiasa mewujudnyatakan semangat persaudaraan, dan tekun serta setia melakukan pertobatan hati yang sejati.

Bantulah kami dalam rangka menghidupi budaya solider di tengah pandemi Covid-19 dan berbagai macam upaya yang memungkinkan kebaikan bersama.

Semoga kami mampu menyadari keberadaan kami yang pada hakikatnya saling terhubung dan bergantung dengan yang lain, mendengarkan dan menanggapi jeritan bumi serta orang-orang miskin.

Semoga di tengah berbagai macam penderitaan yang dialami bumi dan orang-orang miskin, kami mampu menjadi pelaku yang memungkinkan persaudaraan serta aktor pembangunan berkelanjutan.

Doa ini kami sampaikan melalui Kristus Tuhan kami. Amin.

Catatan:

Doa Pekan Laudato Si 2021 ini disarikan dan diolah oleh Yohanes Wahyu Prasetyo OFM dari “Prayer” https://laudatosiweek.org/resources/. Diakses pada 16 Mei 2021 pukul 10.00 WIB.

Jika saudara dan saudari mau mengambil doa ini untuk kepentingan apa pun, maka harus mencantumkannya dalam referensi.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here