Pembukaan:

Crusader Kings III Game

P:  Dalam nama Bapa sang Pencipta yang menjadikan langit dan bumi serta segala isinya, Dan Putra-Nya yang memberi bentuk dan rupa pada semua ciptaan, Dan Roh-Nya yang mempersatukan seluruh jaringan kehidupan yang diungkapkan melalui berbagai macam suara ciptaan.

U:  Amin

Pernyataan Tobat:

Amatilah segala sesuatu yang berada di sekitar kita hari ini. Semua yang ada adalah ciptaan Tuhan. Dan karena itu kita berdoa: Misteri Kasih dan Kreatif yang kami sebut Allah, Engkau memberi kami segala sesuatu dalam kehidupan ini. Namun, kami sering kali gagal untuk menghormati keajaiban ciptaan-Mu dengan segala kekayaan dan keanekaragamannya. Kami menolak untuk memulihkan dan memperbarui alam ciptaan-Mu.

Ya Tuhan, kami mohon ampun atas tindakan kami yang kurang peduli terhadap bumi dan semua makhluk ciptaan-Mu, Tuhan Kasihanilah kami

Ya Tuhan, maafkanlah kami atas keserakahan kami dalam menyalahgunakan alam ciptaan-Mu, Kristus kasihanilah kami

Ya Tuhan, ampunilah kami karena kurangnya visi dan keberanian untuk menjadi rekan kerja-Mu dalam menjaga keutuhan semua ekosistem dan kebaikan bersama untuk semua makhluk, Tuhan Kasihanilah kami.

Semoga Allah Sang Pencipta mengampuni dan membimbing kita agar menjadi pemelihara yang bertanggung jawab atas ciptaan, sadar akan apa yang terjadi di Bumi, siap untuk bertindak dan mengadvokasi keutuhan seluruh planet ini. Semoga pujian kita kepada Allah atas karunia ciptaan-Nya memberi kita daya untuk melihat, merenungkan, mendengarkan dan bertindak dalam terang Roh Yesus, hari ini, esok dan sepanjang segala masa. Amin

Doa Pembuka:

Ya Tuhan Yang Mahakuasa, Engkau hadir di dalam seluruh alam semesta dan di dalam setiap makhluk yang paling kecil. Engkau merangkul semua yang ada dengan kelembutan kasih-Mu. Curahkanlah kepada kami kekuatan kasih-Mu, agar kami dapat melindungi kehidupan dan merawat keindahan ciptaan-Mu. Penuhi kami dengan damai, agar kami dapat hidup sebagai saudara dan saudari, serta tidak merugikan siapa pun. Ajari kami untuk menemukan nilai dari setiap hal, agar kami dipenuhi dengan kekaguman dan menyadarkan kami bahwa kami sedang melakukan perjalanan menuju cahaya-Mu yang tak terbatas. Kami berterima kasih karena Engkau telah bersama kami setiap hari. Doronglah kami, dalam perjuangan untuk mewujudkan keadilan, perdamaian, dan keutuhan ciptaan-Mu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Bacaan: Lukas 16:19-31

…………………hening sejenak………………………………………………

Pendarasan Mazmur

Mazmur 95

Antifon: Tuhanlah Allah kita dan kita umat gembalaan-Nya

Marilah kita bersorak-sorai untuk TUHAN*

bersorak-sorak bagi gunung batu keselamatan kita.

Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur*

bersorak-sorak bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.

Sebab TUHAN adalah Allah yang besar*

Raja yang besar mengatasi segala allah.

Bagian-bagian bumi yang paling dalam ada di tangan-Nya*

puncak gunung-gunungpun kepunyaan-Nya.

Kepunyaan-Nya laut, Dialah yang menjadikannya*

dan darat, tangan-Nyalah yang membentuknya.

Masuklah, marilah kita sujud menyembah*

berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.

Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya+

dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya*

Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya!

Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba*

seperti pada hari di Masa di padang gurun,

pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku*

padahal mereka melihat perbuatan-Ku.

Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu*

maka kata-Ku: “Mereka suatu bangsa yang sesat hati dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku.”

Kemulian…

Ulangi antifon

Doa Umat:

P: Untuk dunia kita dan semua spesies yang terancam punah: Ya Tuhan, kita berdoa kepada-Mu agar kami dapat belajar mendengarkan seruan semua ciptaan, menghormati dengan penuh rasa kagum dan melindungi semuanya. Kami berdoa kepada-Mu, ya Tuhan….

U: Tuhan dengarkan kami.

P: Allah yang Maha Kasih, pelindung bagi yang rentan, pelindung para migran, pengungsi, orang lapar dan orang miskin. Lihatlah penderitaan yang telah kami lakukan di bumi. Lihatlah jutaan orang yang mengungsi karena kekeringan, kelaparan, kebakaran, banjir, angin topan, perang dan ketidakadilan…

U: Tuhan dengarkan kami.

P: Ya Tuhan, di masa krisis ekologi dan iklim ini, kami berdoa agar keluarga manusia dapat belajar menghormati semua makhluk ciptaan-Mu dan merawat mereka sebagai tanda kasih-Mu yang ajaib. Untuk keluarga manusia yang menderita pandemi Covid-19, mereka yang kehilangan orang yang dicintai, dan untuk semua yang bekerja merawat orang sakit dan menemukan pengobatan dan vaksin yang efektif, kami berdoa kepada-Mu, semoga mereka mendapat kekuatan dari pada-Mu….

U: Tuhan dengarkan kami.

P: Tuhan tolonglah kami, agar kami dapat bekerja untuk mengakhiri penderitaan yang dialami oleh orang miskin akibat penyalahgunaan dan perusakan ekologi, kami berdoa kepada-Mu, ya Tuhan….

U: Tuhan dengarkan kami

Bapa Kami

Dao Penutup: Doa Musim Penciptaan 2022

Pencipta Segalanya, Dari persekutuan kasih-Mu, terbitlah Firman-Mu untuk menciptakan simfoni kehidupan yang menyanyikan pujian bagi-Mu.

Dengan Kebijaksanaan Suci-Mu, Bapa membuat Bumi untuk melahirkan keragaman makhluk yang memuji-Mu dalam keberadaan mereka. Hari demi hari mereka mencurahkan sabda pengajaran; malam demi malam mereka mengungkapkan pengetahuan.

Bapa, Engkau memanggil manusia untuk menggarap dan menjaga kebun-Mu. Engkau menempatkan kami dalam hubungan yang benar dengan setiap makhluk sehingga kami dapat mendengarkan suara mereka, dan belajar bagaimana menjaga kondisi kehidupan. Tapi kami cenderung berpaling pada diri sendiri dan menjauh dari sesama makhluk yang lain.

Kami menutup telinga terhadap nasihat sesama makhluk. Kami gagal mendengarkan tangisan orang miskin dan kebutuhan mereka yang paling rentan. Kami membungkam suara mereka yang berpegang pada tradisi yang mengajarkan kami untuk merawat Bumi. Kami menutup telinga terhadap Firman-Mu yang kreatif, yang mendamaikan dan menopang, dan yang memanggil kami melalui Alkitab.

Kami meratapi hilangnya sesama spesies dan habitat yang tidak akan pernah berbicara lagi. Kami berduka atas hilangnya budaya manusia, mata pencaharian dan mereka semua yang telah mengungsi atau musnah. Ciptaan berteriak saat hutan berderak dan semua hewan melarikan diri dari api ketidakadilan yang telah kami nyalakan oleh keengganan kami untuk mendengarkan.

Di Musim Ciptaan ini, kami berdoa agar Engkau memanggil kami, seperti dari semak yang menyala, dengan api Roh -Mu yang menopang. Hembuskanlah nafas-Mu pada kami. Buka telinga kami dan gerakkan hati kami. Balikkan kami dari pandangan yang berpusat pada diri kami sendiri. Ajari kami untuk merenungkan ciptaan-Mu, dan mendengarkan suara setiap makhluk yang menyatakan kemuliaan-Mu. Karena “iman timbul dari pendengaran”.

Beri kami hati untuk mendengarkan kabar suka cita tentang janji-Mu untuk memperbaharui muka bumi. Terangi kami dengan rahmat untuk mengikuti Jalan Kristus saat kami belajar untuk melangkah ringan di atas tanah suci ini. Penuhi kami dengan harapan untuk memadamkan api ketidakadilan dengan cahaya kasih-Mu yang menyembuhkan dan yang menopang rumah kami bersama.

Dalam nama Dia yang datang untuk mewartakan Injil, kabar suka cita kepada semua makhluk, Yesus Kristus Tuha Kami. Amin.

Teks ini merupakan kompilasi dari beberapa sumber berikut:

https://umcreationjustice.org/project/season-of-creation-2022/ Worship Resources for Season of Creation 2022 Listen to the Voice of Creation

https://www.episcopalnewsservice.org/pressreleases/massachusetts-bishops-authorize-new-liturgical-resource-for-the-season-of-creation-2022/ Season of Creation. An Ecumenical Celebration Liturgical resources for celebrating the season from September 1st, the World Day of Prayer for the Care of Creation, to October 4th, St. Francis of Assisi Day. Authorized for use in the Episcopal Dioceses of Massachusetts and Western Massachusetts for the year 2022.

https://www.dominicancenter.org/season-of-creation-listen-to-the-voice-of-creation/ Listen to the Voice of Creation SEASON OF CREATION 2022 A CATHOLIC LITURGICAL GUIDE

https://www.catholicbishops.ie/wp-content/uploads/2022/07/2-A-Weekday-Prayer-Service-for-the-Season-of-Creation-2022.pdf Season of Creation A Week-Day Prayer Service for the Season of Creation 2022 “Listen to the voice of Creation”

https://www.arrcc.org.au/reflect-prayers-christian CHRISTIAN PRAYER

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here